jump to navigation

Rektor : Mahasiswa ITS kurang ganteng November 28, 2012

Posted by semesta in Indonesia (L) ?, Journey, Universe (ity).
trackback

Oleh: sahabat semesta

Sebenarnya gue sendiri tidak begitu interest memberi judul artikel ini dengan lima kata di atas. Bukan karena kurang keren, tapi tidak sepenuhnya menggambarkan serangkaian acara IBS (IKA ITS BUSINESS SUMMIT) 2012 yang baru selesai Minggu kemarin  (25/11) di Balai Kartini dan Gd Energy  Jakarta. Ehm, tapi setidaknya bisa menarik lo  pada untuk tetep baca tulisan ini sampai habis.

Disaat wartawan atau wartawan abal- abal (blogger. read) menulis serangkaian acara IBS yang panjang  sesuai running down acara, maka gue berfikir berbeda bagaimana menuliskan kemegahahan acara tersebut. So… agan agan,  tetep stay tune ya di laman ini.
IKA ITS BUSINESS SUMMIT (IBS) 2012 dari 23- 24 November @Balai Kartini Jl Gatot Subroto Jakarta dilanjutkan Rapat Kerja Nasional 25 November  (Rakernas) IKA ITS @Gd Energy Jl Sudirman Jakarta.

  • Keanehan- keanehan

# Keanehan 1

Ketika kami para mahasiswa undangan berebut duduk paling depan untuk bisa ngelihat presiden lebih dekat (Jum’at pagi), tiba- tiba diumumkan “ para peserta coffe break sudah tersedia, silakan ambil di dekat pintu ruangan ini atau untuk VIP disebelah kanan tempat duduk anda.

Ha??? Acaranya belum mulai bung… kok udah coffe break !@#$

# Keanehan 2

Entah bagaimana caranya menghilangkan arogansi jurusan yang masih melanda mahasiswa dan bahkan alumni yang sudah lulus puluhan tahun lalu. Duduk masih ngeblok tiap jurusan

# Keanehan 3

Saat saya berbincang dengan dua alumnus FTP (Fakultas Teknik Perkapalan—saat itu) yang sekarang menjabat sebagai manager di perusahaan galangan kapal Cilegon, mengatakan bahwa banyak teman- temannya yang tidak mendapat undangan untuk hadir di IBS ini. C^k.. yo opo sih iki… Dan sedihnya saat Jumat alumni yang datang tidak begitu banyak (mungkin masih pada kerja ya…) Dan benar.. Sabtunya (25/11) alumni tua dan muda datang berhamburan memenuhi kursi- kursi Balai Kartini.. yyyeeeee !!!

# Keanehan 4

Mahasiswa Teknik dicekok’i mata kuliah tentang ekonomi, bisnis, ekspor, impor, apbn, afta etc…

# Keanehan 5

Tahulah bagaimana dan apa yang akan dilakukan oleh mahasiswa ITS ketika disediakan coffe break sepanjang waktu selama acara dan makan secara prasmanan. Mulai dari beragam buah, pudding, bakso, coffe, teh, dan menu besar yang lain seperti sate, sayur, rujak, daging sapi, daging ayam. Semuanya diambil !!

Tapi sukanya meja untuk alumni dan mahasiswa satu tempat, jadi ada quality time untuk bersua bersama alumni

Nih porsi yang sempat gue nikmatin

Image

Image

# Keanehan 6

Bagi yang kuliah di jurusan psikologis, tolong jelasin ke gue bagaimana proses seorang pemuda (bahkan mahasiswa teknik sekalipun) berubah menjadi manusia- manusia rasis (ups… maksudnya narsis). Setelah berakhirnya acara di hari pertama, panggung semua titik dijadikan spot untuk berfoto ria menuangkan ke-GJ an mahasiswa. Untung Pak Irnanda (Ketua PP IKA ITS—Sekjen Kementerian BUMN RI) begitu sabar saat diminta foto bareng. Semuanya dapat giliran, begitu juga dengan Pak Kuncoro BPPT, Pak Ibnu Susilio CEO Fin Komodo.. hehe !!

Image

Suasana narsis Jumat malam

Tapi Alhamdulillah, di akhir hari kedua sudah tidak terjadi lagi, karena selain semua spot sudah pernah dijadikan tempat berfoto, kami sudah merasa cukup terhibur dengan stand up comedy dari Cak Lontong..

# Keanehan 7

Di hari Sabtu, disaat yang bersamaan juga ITB mengadakan acara Bisnis Summit yang serupa dengan yang ITS adakan, pembicara yang diundang juga sama.. Kalau Pak Lino CEO Pelindo II memilih menghadiri undangan ITS baru bertolak ke Bandung, Pak Hatta Radjasa menghadiri undangan ITB dulu (Maklum, almamaternya tercinta) baru memberi  closing speech di ITS,, maka Bu Karen CEO Pertamina lebih memilih hanya menghadiri acaranya ITS dan tidak hadir ke ITB walau juga diundang sebagai speaker,,, hehehe

  • Kata kata bijak dari Bapak bapak  Menteri RI dan CEO perusahaan multinasional serta para petinggi kampus ITS

 # Pak Muh Nuh DEA (Mendikbud RI)

Belilah masa depan anda dengan harga sekarang [M Nuh]

Jika anda kurang pandai namun ingin mendapatkan hasil yang sama dengan mereka yang genius, maka perbesarlah luasan anda (hasil) dengan memanjangkan waktu belajar atau waktu kerja anda [M Nuh]

# Pak Jero Wacik (Men ESDM RI)

( Saya kere SBY miskin, Saya Bali SBY Pacitan, jadi ya cocok !! )

( Baru saja saya main golf sama bapak presiden terus saya ijin mau kesini, kata SBY : Salam ya pak buat civitas ITS, saya juga ITS lho….)

(SBY sempat menjadi mahasiswa Teknik Mesin ITS beberapa bulan, setelah pengumuman Akmil dan beliau diterima, beliau lebih memilih Akmil Magelang karena disana biaya pendidikan + hidup gratis ditanggung government – (Akmil- Sekolah tinggi ikatan dinas—Mabes TNI AD RI)

( Tidak usahlah kita ngomong saya orang ITS, UGM, ITB, UI.. yang penting kita orang Indonesia)

( Jangan salah, saya lebih dulu mendapat pin ITS daripada ITB,, saat SMA ada kakak kelas yang kuliah di ITS menjelaskan seperti apa ITS,, niat hati saat itu sudah  mantap ke ITS, tapi rasio mengatakan kalau di ITS peluang dapat beasiswa kecil .. maklum saya dulu kere (ITS kala itu tidak seperti sekarang yang hampir semua mahasiswa mendapat beasiswa).. ya akhirnya jauh dikit milih kuliah di Bandung, di ITB…Tapi yang jelas saya dulu pengen jadi Insinyur, kalo gak ITS ya ITB )

( Saya ini dulu bintang pelajarnya pulau Bali)

( Energi Baru Terbarukan (Geothermal sudah jalan dan sudah ada solusi dengan kementerian Kehutanan), setelah itu kita juga akan mengandalkan Hydro Power dll )

( Sekarang Kementerian ESDM banyak lowongan, jika ingin kerja disana, silakan setelah ini pdkt sama saya atau datang ke kementerian, disana sudah kita bentuk Tim Ahli EBT,silakan kalau mau gabung )

Image

# Pak Syarif (Men Kelautan RI)

Gue tidak begitu mengerti apa yang beliau bicarakan,, kalo tak salah tentang BLUE ENERGY atau apa gitu… gue sibuk duduk di belakang bincang dengan bapak2 alumni.. hehe

 # Pak Yogi

Kata beliau : Mahasiswa ITS itu secara engineer sangat jago, technical knowledge juga bagus,, namun sayang,, kalau saya amati mahasiswa kita kurang ganteng,, kurang bisa berpenampilan.. saya mikir apakah harus mewajibkan kursus di  salon sebelum wisuda atau gimana…. (kontan seluruh hadirin tertawa terbahak- bahak // menertawakan dirinya sendiri)

Yang kedua adalah kemampuan bahasa inggris nya sangat jelek.. jangankan bahasa inggris,, ngomong bahasa Indonesia aja kadang tak jelas mana subjek nya..medok pula (jleeeb !!! menusuk para mahasiswa – (

Lha iya,, gimana ndak ? mahasiswa aslinya tulungagung ngekos di keputih.. kapan kota-nya ??

# Pak Hatta Radjasa

Dengan gaya bicaranya yang diplomatis beliau dengan tenang dan optimis memaparkan cerahnya kondisi ekonomi Indonesia kedepan

Image

Image

# Dan pembicara keren yang lain ( CEO ) seperti …

CEO alumnus ITS (Fin Komodo, Pelindo II, Semen Gresik, Semen Tonasa, Adhi karya, Medco Energi, Bukit Asam dll)

CEO FIN KOMODO (Bapak Ibnu Susilo) adalah CEO favorit gue,,,,

Sumpah.. Indonesia banget… ITS banget… dan Mesin banget !! Beliau memang Cerdas

CEO/ Dirut ndak tahu alumni mana(Bank Mandiri – ITB; Dirut Telkom , Dirut PLN, Dirut PGN, CEO Krakatau Steel, Pupuk Indonesia, Timah dll.

Image

Image

Image

  • Pencari foto atau Kartu Nama ?

Ada dua kategori apa yang dilakukan teman- teman ITS ( peserta) selama acara IBS

Yang pertama adalah mereka yang berebut duduk di depan ? Untuk ? Agar mereka bisa menangkap materi dengan jelas, memperoleh kesempatan bertanya lebih besar dan yang plaing penting adalah bersegera maju minta foto bersama dengan para pembicara setelah selesai acara..

Tapi hal ini tidak berlaku di hari kedua karena posisi stage yang tidak menguntungkan para hunter foto.. model duduk seperti di bioskop… tidak datar seperti auditorium di hari pertaman

Yang kedua adalah mereka yang sibuk duduk di belakang ngobrol kesana kemari dengan para alumni yang ramah hati… Nih gue banget !!! Di hari pertama dengan dua bapak yang saat ini jadi manager di perusahaan galangan kapal (alumni T Perkapalan) dan hari kedua lagi- lagi berjodoh dengan bapak alumni yang hidup di Cilegon.. beliau adalah bapak B**ono (rahasia bro…..), manager produksi Krakatau Steel (Krakatau Daya Listrik) M23 dan bapak X (maaf lupa namanya) yang satu kantor dengan bapak b**ono— tapi bapak X ini alumni Teknik Metalurgi UI.

Dan dengan kemampuan gue yang memikat,, finally gue dikasih kartu namanya (hehe) dan beliau bilang,,, ^ nanti mau ikut ke cilegon  ? ^ndak pak… ^ ya ntar kalo mau ke cilegon kabari saya aja ^ ……

Banyak ilmu yang saya dapat,, kita diskusi panjang lebar tentang persero, go public company, tbk, saham perusahaan, Krakatau steel kedepannya, Krakatau posco dan masih banyak hal yang lain..

  • Lutfia dkk

 Buat Lutfia yang selalu rajin mengunjungi blog ini.. Suer,, bukan atas paksaanmu seperti yang kau minta di lobby utama hari terakhir gue memasukkan nama mu di blog gue.. tapi kamu memang….(kalau orang bandung bilang) aanjiiir keren gila….

Gue emang selalu salut sama anak2 ITS Online,, dari si Aldrin, mas Huda, Lisana, dan tim djoeang lain yang berhasil menyusun, menulis dan membuat buku,,, serta melelangnya dengan keuntungan yang tidak terkira di hadapan para alumni…( traktiran nih,,,)

Walau gue akui,, kalian terlihat agak bego ketika di atas stage bersama cak lontong..

Tapi, overall…keren !! siapa diantara mahasiswa ITS yang bisa foto bareng pak Habibie kalo bukan kalian?  Siapa diantara mahasiswa ITS yang akrab dengan rektor kedua ITS yang telah renta kalo bukan kalian ? Siapa diantara mahasiswa ITS yang sering makan satu meja dengan Pak dhe Karwo kalo bukan kalian ? Atau siapa mahasiswa ITS yang bisa nyelonong ke berbagai megahnya acara ITS kalo bukan kalian? Walau jelas… kalian tidak pernah diundang tapi selalu hadir dan nongol dimana – mana

For Lutfia,, keep speaking in English ! What our next topic ! ?

Image

Image

  • Cak Lontong

Ternyata  para alumni seleranya juga stand up comedy….

( Oleh duwek goblik…. !!

( Arek kok lempeng koyo ngene )

( M. Eng. Sc = Masio ngene , sarjana Cuk )

( Tapi saya tidak pernah melakukan survey apakah ITS bangga punya lulusan seperti saya )

( Ketika saya menyatakan hanya 30% mahasiswa ITS yang mandi sebelum kuliah,, tidak ada yang membantah, berarti benar statement saya )

( Pak.. disini lelang,, bukan latihan berhitung )

( Maaf mungkin saya kurang sopan,, MATAMU !! )

( Nek masalah duwik, masio adoh aku ketok lo pak .. )

( Pak Karno pernah berkata kepada saya : “…………………….

( Lo allay Neil ? (Ejekan kepada Neil Amstrong yang menurutnya adalah laki laki paling allay )

( ITA*S = Institut Teknologi Ancuk Tibak’e Swasta )

Dan Finally,,, nih… potret sisi lain dari IBS 2012 !!

Image   ImageImage   ImageImage   ImageImage   ImageImage   ImageImage   ImageImage

Thanks buat seluruh teman teman ITS, Fgd 4 dan bus 2

We are great person !

*edisi jakarta, bolehkan bilang gue ? mihihi….)

Advertisements

Comments»

1. upik - November 28, 2012

anjriiiitttt… seenaknya aja bilang gue bego tapi tetep kan, sebego-begonya gue, elo ngiri nyum? hahahaha

IBS was really nice moment to remember. Also thanks for writing my part. Just wait for second launching of our book. If lucky, you will get the free one:) :D

faid - November 28, 2012

ya harus dong… 1 buku aja…hehe

semesta - October 12, 2014

haihaihai… gimana kabar nya upik ? iis sama ika udah nikah ? lu kapan ?
eh blog kolongkecil masih eksis ndak brayy ?

2. Huda - November 28, 2012

makasih nama saya disebutkan :P
*padahal yo gak penting2 amat, hehe..

Ttg buku, semoga (jika anda beruntung) bisa dpat bukunya gratis atau harus membeli seharga 50ribu saja.

tetep istiqomah nulis ya dik :)

faid - November 28, 2012

oke mas huda

3. iraz - November 28, 2012

waaah…keren2…se WAH itu yaa ternyata acara IBS ;)

faid - November 28, 2012

keep fight !!
wah tidaknya.. tergantung semangat kita sebenarnya

4. Febry Nugroho - November 29, 2012

Mantap gan bahasannya .
Menarik. Melihat sisi luar . Dari lingkup yg berbeda :D

Semoga bisa jadi pembelajaran dan motivasi buat kita semua mahasiswa ITS!

faid - November 29, 2012

mantap aja atau mantap banget ??

5. dedarklord - November 30, 2012

keep writing masbro… makin jlebb pilihan kosakata nya…!

faid - November 30, 2012

ok mas.. makasih… maaf ini siapa ya ?

6. welda - January 13, 2013

iya pemilihan n rangkaian kata2 tulisanmu mulai lebih bagus n berestetika ndi,,gw suka baca tulisan ini,, smoga k dpnnya bs nulis yg lebih bgs lg,,dtunggu tulisan selanjutnya :)

faid - January 14, 2013

siap mbak,, eh,, ibu !!

7. welda - January 15, 2013

koq gw dpanggil ibu?hadeeeeeeeeeeeeehhhh

faid - January 15, 2013

iya udah.. tante


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: