jump to navigation

Magetan, What do you want ? December 16, 2012

Posted by semesta in Disekitar Kita, Indonesia (L) ?.
trackback

Oleh: sahabat semesta

Kesibukan sebagai mahasiswa teknik di Lab membuat lama tidak menulis, Ehm.. tapi kali ini aku menulis dengan sedikit kesal,, karena banyaknya materi sebagai bahan ujian besok sangat tidak masuk akal. Memang dosen yang kurang sadar diri. Jarang sekali ngajar, sekali ujian semua materi dibebankan. Untung diskusi kecil dengan teman teman membuat kami memahami semua materi ini. Ya.. semua tahu, sama dengan kebanyakan dan mayoritas dosen se ITS.. Lebih suka mroyek daripada ngajar di kelas.. Apalagi sebagai institusi teknik, semua perusahaan (industri) selalu berbondong mengajak dosen dosen kami untuk mroyek. Sering sekali tiap hari kulihat dijurusanku berkeliaran orang orang asing dengan baju kerja dan logo perusahaan yang menempel di bajunya. Ehm.. bagaimana tidak menggiurkan, uang yang diraup dosen sekali dapat proyek kira kira 50x lipat daripada gaji bulanannya sebagai dosen.

Hmhm.. kali ini kutulis tentang  kunjungan SBY ke kota asalku magetan beberapa waktu lalu.. benar perkiraanku,, semua masyarakat begitu heboh menyambutnya. Ku pantau dari status adik kelas di FB, dari blog orang magetan dan dari media yang lain.. masyarakat kami girang bukan kepalang saat tanahnya dikunjungi orang nomor satu negeri ini. Bahkan sebuah stasiun televisi menyiarkan berita heboh ini.

Bisa sangat ditebak, bagaimana aura SBY mampu membuat magetan simpatik. Semua warga berdiri dijalan, anak anak TK, guru, ramai melambaikan tangan untuk beliau. Hmhm.. engkau berhasil merebut simpati mereka. Seolah olah mereka buta dan enggan tahu diri atas segala kekacauan yang menimpa Indonesia saat ini. Korupsi di partaimu, kebijakan kebijakan yang kadang terkesan lamban seperti penarikan polisi sebagai penyidik KPK dan masih banyak yang lain. Ku dengar, kini engkau sedang bingung menentukan siapa capres untuk 2014 dari Demokrat. Kasihan…

Walau engkau mampu menarik simpati masyarakat kami magetan, tapi tidak untukku. Sama sekali tidak simpati terhadapmu. Masih teringat jelas di ingatan saat engkau SBY mengunjungi kampus kami ITS.. kami mohon maaf karena engkau SBY tidak mendapatkan sambutan hangat seperti yang engkau dapatkan di Magetan, melainkan kami sambut dengan demonstrasi bersama teman teman aktivis lainnya dari Unair. Kami mahasiswa adalah tidak polosseperti mereka..

Magetan.. mengapa kalian begitu polos dan acuh dengan kondisi bangsa saat ini? Jujur, setiap aku mudik berharap ada suatu penambahan infrastruktur, tapi lagi lagi hanya harapan kosong…. Apakah itu artinya memang aku dilahirkan di sekeliling orang orang yang tidak mengerti akan perubahan..Radio- radio masih meneriakkan berita kebohongan, dan kebenaran hanya ada di langit.. dunia hanyalah palsu… palsu… Ku lihat di TV kau juga mendampingi SBY kemarin bersama bapak Gubernur. Aku lihat di foto, tampak muda mudi SMA yang mengenakan jas merah yang tak lain adalah almamaterku tercinta juga menyambut kehadiran SBY, aku yakin, itu semua atas perintahmu (pemerintah magetan) tentunya,, karena aku tahu betul, SMA kami adalah kumpulan orang orang kritis yang berpegang teguh pada prinsipnya. Aku juga melihat bapak Hatta Radjasa mendampingi   SBY, masih ingat betul apa yang Hatta sampaikan , saat aku bertemu beliau di Jakarta kemarin . Semoga yang bapak Hatta perjuangkan disana tidak luntur oleh diplomasi diplomasi dan lobi lobi untuk mempertahankan posisi bapak disana.

Image

Magetan.. ada catatan aneh untuk engkau, aku begitu mengenal banyak orang orang besar dan luar biasa yang lahir di magetan,, yang baru baru ini aku kenal adalah manager OIM site di Pertamina..dosen dosen ITS pun banyak pula yang berasal dari Magetan, atau warek Unair..tapi ketika aku tanya mereka,, mengapa jarang pulang ke magetan ? semuanya sama… Ketika aku pulangpun , semuanya serasa berjalan mundur.  Ada satu dosen di jurusanku yang asalnya juga magetan, kami sangat akrab. Beliau juga sama dengan dosen dosen ITS yang lain, suka koleksi dan gonta ganti mobil. Pernah suatu ketika kutanya “ Ndak pulang ke magetan pak ?” jawabnya :  Males nak, kalau pas pulang ngobrol dengan tetangga tetangga sana, topik pembicaraannya bikin kita pesimis..! Tidak jauh beda denganku, saat masih SMA kelas 2 dan telah menyadari bahwa aku adalah the happy selected few.. sudah merasa tidak betah menjadi warga Magetan dan ingin bersegera menjadi warga Bandung atau Surabaya, menuntut ilmu di ITB atau ITS untuk menjadi insinyur terbaik negeri ini. Benar, saat itu setelah selasai UAN aku lansung berangkat ke Bandung mengikuti bimbel masuk PTN. Dan saat inipun, tidak ada rencana sama sekali untuk kembali menetap di magetan. So sorry ! I couldn’t give what I must give to you..

Tapi tenanglah, aku bersama teman teman SMA1 lulusan 09 kini telah menyiapkan pemimpin yang paling pantas untuk mu magetan, saat ini dia menempuh pendidikan di IPDN. Walau sudah tiga tahun lebih kita berpisah tapi setiap mudik selalu berkumpul membahas rencana besar kami bersama kawan kawan yang lain. Dia adalah pemimpin hebat, bapaknya juga seorang pemimpin besar di magetan. Dia tahu apa yang magetan butuhkan, kami teman temannya SMA, calon para insinyur, ekonom, dokter, politisi dan yang lainnya yang saat ini tengah kuliah  siap memberikan dukungan penuh untuknya di waktunya nanti. Tenang saja, karena dia mau kembali ke magetan untuk membuatmu jauh lebih oke..

Para pemimpin magetan, aku begitu menghormati anda, tapi bukankah pemimpin itu harus siap dikuliti media?

Kalau angkaku ditahan oleh pemerintah yang tidak tahan kritik, aku akan mengadakan koreksi habis habisan. Memang demikian kalo dia bukan pemerintah pandai, tentang janji saja dia lupa. Pemerintah yang tak tahan kritik boleh masuk keranjang sampah. Pemerintah bukan dewa yang selalu benar, dan masyarakat bukanlah kerbau (Soe Hok Gie)

Magetan, What do you want ? Aku bersama mu orang orang malang…

Advertisements

Comments»

1. upik - December 16, 2012

hmmm… going home to serve?
sounds good :D

faid - December 16, 2012

;(

2. Dayn - December 16, 2012

Magetan..oh…magetan…
Saya harap engkau lebih bisa bangkit! Untuk jadi magetan kota yang lebih baik..

Dayn - December 16, 2012

Kak andhi..makasih.a blog.a…..apa yang kk rasakan sama seperti apa yang saya rasakan kemarin.. 11-12-2012

3. Dayn - December 16, 2012

Kak andhi..makasih.a blog.a…..apa yang kk rasakan sama seperti apa yang saya rasakan kemarin.. 11-12-2012

faid - December 16, 2012

ya dik dayn,, sama sama.. sma kelas berapa sekarang ? sma1?

Dayn - December 16, 2012

Kelas 3 smp kak, di smp 1 kawedanan..:)

faid - December 17, 2012

oh.. kita ternyata satu almamater juga
.. salam buat ayahku .. purnowo
hehe

4. ary widodo - December 16, 2012

selamat malam kawan salam dari blogger Magetan.

faid - December 17, 2012

salam balik mas

5. Wakid - December 17, 2012

This is a very bold writing which is great….
Tapi, menurut saya tulisannya kurang berimbang tanpa disertai dengan banyak fakta dan data. Yang saya rasakan ketika membaca tulisan ini adalah adanya rasa kebencian/ketidak sukaan yg mendalam tanpa saya menangkap dengan baik apa penyebabnya karna kurangnya fakta dan data. Dan yg membuat saya agak kurang berkenan adalah karna kekurang sukaan kepada pihak tertentu (SBY), kemudian di generalisir ke semua pihak seperti pemimpin magetan, siswa magetan, dan akhirnya seluruh masyarakat magetan. Padahal tidak bisa digeneralisir seperti itu. Semua harus kita lihat dengan clear dan setiap permasalahan harus didudukkan pada tempatnya masing2. Just my one cent…

6. Kang Tomo - December 17, 2012

you must going to serve magetan..
:)

7. ika - February 7, 2013

Banyak orang hebat yang terlahir di Magetan..
koyok sandi ambalan wae
:dari kaki gunung lawu mereka dilahirkan sebagai generasi penerus bangsa..”

faid - February 7, 2013

amin


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: